Rupanya mengkonsumsi petai bisa menimbulkan efek negatif apalagi bila dimakan berlebihan. Apa saja efek samping yang bisa terjadi jika mengkonsumsi petai secara berlebihan berikut ini penjelasannya:

1. Dapat menyebabkan gagal ginjal

Dikenal mampu menambah nafsu makan petai memiliki kandungan asam jengkol petai juga banyak mengandung asam amino yang mana di dalamnya terkandung zat sulfur yang sedikit mengandung racun bila terlalu berlebihan dikonsumsi konsentrasi tinggi zat sulfur akan menyebabkan gagal ginjal akut obstruksi kemih asam urat serta jari spasmodik.

2. Memicu penyakit rematik

Keseringan mengkonsumsi petai dapat memicu sakit rematik sebaiknya sekali-sekali cobalah jauhi olahan petai serta Pilihlah hidangan lalapan yang rasanya tidak kalah enak dan juga membuat segar mulut

3. Menyebabkan sakit kepala

Mengkonsumsi petai secara berlebihan bisa mengakibatkan sakit kepala sehingga ada baiknya tidak makan petai terlalu berlebihan

4. Menambah kadar asam urat

Petai pun memiliki kandungan purin tingkat sedang ataupun tinggi seperti yang kita ketahui makanan yang banyak mengandung purin akan membuat terjadi peningkatan kadar asam urat.

5. Menyebabkan sakit perut

Kebiasaan mengkonsumsi petai mentah masih sering anda lakukan bila melakukan pengolahannya tidak bersih besar kemungkinan masih ada cacing serta bakteri di petai kandungan karbohidrat kompleks.

6. Menyebabkan bau mulut

Petai juga bisa membentuk gas dalam perut sehingga mengakibatkan sensasi tersengat dan juga kembung menyebabkan bau mulut tak heran kalau ada mayoritas orang yang menjauhi petai sebab aromanya yang khas hal tersebut pasti akan mengganggu penampilan dan juga mengurangi kepercayaan diri seseorang ada baiknya pakai cairan pembersih mulut sesudah memakan petai.